Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Alat Pulse Oximeter

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Alat Pulse Oximeter

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, penting bagi kita untuk memperluas pengetahuan mengenai kesehatan. Termasuk salah satunya adalah tentang alat-alat medis yang bermanfaat saat harus melakukan isolasi mandiri. Pulse oximeter merupakan salah satu alat yang berperan penting bagi penderita COVID-19. Apa fungsinya dan seperti apa cara kerja yang diterapkan?

Mengenal Oksimeter

Alat ini juga dikenal dengan nama oksimeter. Seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 dan banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, alat ini semakin dikenal. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai fungsi serta cara kerja oksimeter.

  • Mendeteksi Kadar Oksigen

Oksimeter ini memiliki fungsi utama mendeteksi kadar oksigen yang ada di dalam darah. Penting untuk diketahui bahwa kadar oksigen dalam darah sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Jika kadar oksigen rendah, maka tubuh akan menjadi lemas dan harus segera mendapat pertolongan. Kondisi inilah yang sering dialami oleh penderita COVID-19. 

  • Mencegah Happy Hypoxia

Alat yang satu ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya happy hypoxia. Perlu dicatat juga bahwa kondisi happy hypoxia ini sangat sering terjadi pada orang yang terinfeksi COVID-19. Hypoxia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan kadar oksigen.

Happy hypoxia sendiri ialah kondisi dimana tubuh memiliki kadar oksigen rendah namun tidak ada tanda-tanda yang ditunjukkan. Seolah tubuh dalam kondisi sehat dan tidak terjadi apa-apa. Namun, kondisi ini bisa berakibat fatal karena pasien bisa tiba-tiba pingsan. Oksimeter ini akan membantu mendeteksi kadar oksigen sedini mungkin sehingga mencegah hal ini terjadi.

  • Mempermudah Pencarian Pertolongan Dini

Pulse oximeter ini juga sangat membantu pasien untuk mendapatkan pertolongan dini. Seringkali tak diketahui jika kadar oksigen sudah sangat rendah. Dengan adanya deteksi dini memakai oksimeter maka pasien bisa segera mendapatkan pertolongan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, pertolongan dan tindakan sedini mungkin sangatlah bermanfaat.

  • Deteksi Lewat Ujung Jari

Bagaimana cara kerja dari alat ini? Pada dasarnya oksimeter memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Bahkan alat ini begitu praktis dan cocok digunakan secara mandiri. Tak perlu menggunakan bantuan dari tenaga kesehatan, Anda bisa melakukan pemeriksaan kadar oksigen sendiri.

Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar oksigen melalui ujung jari. Ujung jari merupakan bagian yang paling jauh dari jantung sehingga peredaran darahnya sangat mudah. Bagian ini akan menjadi representatif terbaik untuk menggambarkan kondisi jaringan tubuh lainnya. Cukup dengan memasukkan ujung jari pada alat, tunggu sejenak dan langsung keluar hasilnya di layar.

Itulah penjelasan singkat mengenai pulse oximeter. Alat yang satu ini sangat membantu di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Apalagi kadar oksigen yang menurun drastis banyak dijumpai pada pasien terinfeksi COVID-19. Anda bisa mendapatkan alat ini di apotek maupun toko peralatan medis terdekat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.