TIPS BISNIS TRAVEL AMAN DI MASA PANDEMI UNTUK ANDA SEBAGAI PENJUAL DI PADI UMKM

Pandemik COVID-19 memang belum usai. Namun hal ini tak berarti kamu gak bisa pergi kemana-mana. Kamu tetap bisa promosi bisnis travel, meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat dan aturan-aturan baru yang wajib kamu ikuti. Travel di masa pandemi memang terasa akan berbeda. Segalanya mungkin akan terasa lebih ribet. Kamu sangat disarankan untuk pergi dalam keadaan bugar. Selain itu, perjalananmu juga harus benar-benar disiapkan secara matang. Dengan kata lain, ada ekstra tenaga dan waktu yang harus kamu curahkan sebelum kamu berangkat travel. Namun kamu gak perlu khawatir. Berikut tips travel aman untuk anda para pembisnis bidang travel di PaDi UMKM yang dilansir dari IDN times.

Pertama, Cari informasi yang lengkap terkait destinasimu. Mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya terkait destinasi yang akan dituju merupakan hal yang penting jika kamu ingin travel di masa pandemi. Pasalnya, banyak destinasi wisata yang memiliki aturan dan protokol berbeda-beda selama pandemi. Informasi penting yang perlu kamu gali antara lain: Jumlah harian infeksi baru di suatu wilayah, persentase keseluruhan positif, dan apakah infeksi baru meningkat atau menurun. Informasi yang sudah kamu kumpulkan ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah destinasimu aman atau tidak. Jika dirasa kurang aman, jangan dipaksakan ya.

Dua, Buat itinerary serinci mungkin, Itinerary merupakan daftar kegiatan atau tujuan travel, serta estimasi bujet yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Itinerary menjadi hal yang penting selama pandemi. Dengan bantuan itinerary, kamu bisa tahu dan ingat sudah ke mana saja selama travel di masa pandemik. Dengan begini, jika terjadi kondisi buruk misalnya kamu terpapar COVID-19, kamu bisa membantu satgas untuk melacak risiko penularanmu.

Tiga, Pilih tiket dan akomodasi travel yang refundable, Disarankan untuk membeli tiket dan akomodasi yang refundable atau dapat dikembalikan. Banyak platform tiket online yang menyediakan fitur refundable. Biasanya ketentuan tersebut dapat dilihat pada halaman pilihan kamar ataupun tiket perjalanan. Fitur refundable sangat berguna di masa pandemi agar kamu gak rugi-rugi banget jika terpaksa batal berangkat. Pasalnya, setiap bepergian kamu biasanya akan ditest COVID-19. Nah jika ternyata positif, pastinya kamu gak bisa berangkat dan tiket akan hangus.

Empat, Pilih destinasi travel yang outdoor dan sepi, Sebisa mungkin pilihlah destinasi outdoor yang sepi pengunjung. Risiko penularan COVID-19 akan jauh menurun jika berada di ruang terbuka. Selain itu, virus COVID-19 menyebar dengan mudah di daerah dengan populasi padat. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik destinasimu ya!

Lima Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar sebelum berangkat travel, Memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar adalah hal yang paling penting dan krusial di masa pandemi seperti saat ini. Jangan memaksakan liburan jika merasa badan tidak sehat atau kurang fit. Jika perlu, kamu bisa mengikuti rapid test atau swab secara mandiri. Hasil tes ini nantinya bisa kamu bawa saat liburan untuk berjaga-jaga. Apalagi ada beberapa destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung untuk membawa surat bebas COVID-19. Selain selalu ingat ‘pesan ibu’ dengan menerapkan 5M. Yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *